Bibliography Detail

Fenomena burnout penolong pada bencana : studi kasus staf dan relawan bidang bencana | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Fenomena burnout penolong pada bencana : studi kasus staf dan relawan bidang bencana

Text

Fenomena burnout penolong pada bencana : studi kasus staf dan relawan bidang bencana


Bencana yang terjadi di sekitar kita telah menjadi berita utama yang menghiasi tajuk utama baik berita online maupun televisi. Jenis kejadian yang merusak, terjadi secara tiba-tiba berdampak menimbulkan penderitaan pada seluruh komunitas yang terdampak menjadi satu ancaman terbesar dalam hidup masyarakat terdampak. World Health Organization (WHO) mendefinisikan bencana sebagai kejadian yang mengganggu keadaan dalam kondisi normal dan mengakibatkan penderitaan yang melampaui kapasitas penyesuaian komunitas yang mengalaminya (Norris, Galea, Friedman, & Watson, 2006).
Dampak dari bencana mengacu kepada kematian, luka-luka, kerusakan dan kehilangan harta benda, gangguan gaya hidup, kehilangan mata pencaharian, gangguan pelayanan-pelayanan penting, kerusakan infrastruktur nasional dan gangguan sistem pemerintahan, kerugian ekonomi nasional, dampak sosiologis dan psikologis sesudah bencana (Carter, 1991). Dampak dari bencana pada aspek mental maupun perilaku telah teridentifikasi dalam berbagai penelitian yang berhasil dilakukan (Norris, Galea, Friedman, & Watson, 2006). Reaksi-reaksi yang muncul paska bencana antara lain: mati rasa, meningkatnya ketergugahan fisik (hyperarrausal), cemas, munculnya perasaan bersalah, konflik ketika menerima bantuan, munculnya perasaan bimbang dan ragu, ketidakstabilan emosi dan pikiran serta kebingungan yang akut (Palang Merah Indonesia, 2006).
Fenomena tentang burnout pada penolong di bencana telah dipelajari sejak lama. Salah satu cara memahaminya yaitu dengan melihat kejadian yang menggambarkan tentang burnout.

Bibliografi dan glosarium halaman 84-89.


Ketersediaan
BLU231348361.37 YUL f C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
BLU231349361.37 YUL f C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
361.37 YUL f
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish.,
Deskripsi Fisik
xii, 91 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230229572
Klasifikasi
361.37
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertama : Juni 2021
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar